Selamat Membaca. Semoga dapat membantu Anda dalam memperoleh informasi yang diinginkan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti kita harus semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan”.

Rabu, 27 Juli 2016

Dengan Inovasi, Mendidik Bangsa untuk Membangun Negeri

Rochimudin | Rabu, 27 Juli 2016 | 01.29 |
Pendidikan di era global abad XXI ditandai oleh banyaknya jumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Namun kemajuan pendidikan khususnya pendidikan tinggi bagi sebuah bangsa bukanlah ditentukan oleh jumlah apa lagi usia sebuah perguruan tinggi, melainkan kualitas perguruan tinggi. Peningkatan kualitas sudah merupakan hal yang biasa, akan tetapi kualitas yang memiliki nilai beda atau diferensiasi dengan berlandaskan asas manfaat, kepastian dan keadilan menjadikan nilai tambah yang luar biasa.
Dan Universitas Terbuka (UT) telah membuktikan sejak diresmikannya tanggal 4 September 1984.

Kegiatan mahasiswa UT (sumber: ut.ac.id)

Telah empat windu UT berkhidmat dan mendedikasikan kerja dan karya nyata pada kemajuan negeri. 32 tahun bahtera UT berlayar melintasi ombak besar dan angin yang kencang untuk mewujudkan tujuan nasional mencerdaskan kehidupan bangsa bersama perguruan tinggi lain di nusantara. Tidak ada nakhkoda yang hebat apabila tidak ada ombak besar dan badai. Demikian juga tidak akan menjadi perguruan tinggi yang handal dan diperhitungkan apabila tidak ada tantangan besar. Dan sekali lagi, UT mampu dan berhasil menghadapinya.


Profil Universitas Terbuka (sumber: youtube.com)

Justice for all and education for all. UT merupakan salah satu perguruan tinggi yang dibentuk untuk memberikan pendidikan bagi semua warga negara dengan asas keadilan. Semua warga negara yang telah lulus SLTA atau sederajat baik fresh graduate dari SLTA maupun sudah tidak fresh graduate. Disinilah awal UT menerima mahasiswa dan seiring perjalanan, komposisi latar belakang mahasiswa dari segi usia saat ini sekitar 40 persen mahasiswa UT berusia di bawah 25 tahun. “Kami berhasil memasyarakatkan UT di kalangan generasi muda. Kami berhasil menggeser komposisi mahasiswa dari tua menjadi muda. Karena itu, animo anak muda lebih meningkat untuk kuliah di UT,” kata Rektor Universitas Terbuka, Tian Belawati sebagaimana dimuat di tempo.co.

Era global yang juga ditandai dengan penghargaan terhadap kompetensi atau skill secara langsung menjadikan telah menggeser paradigma lama yang menganggap ijazah adalah yang paling utama atau segalanya. Instansi, perusahaan dan badan usaha mulai menanyakan skill terlebih dahulu bagi pencari kerja baru kemudian ijazah. Hal ini akan berdampak pada perguruan tinggi yaitu penguasaan skill atau keahlian mahasiswa perlu lebih riil dan dikembangkan sebab ijazah atau gelar yang tidak dibarengi dengan penguasaan keahlian sesuai dengan bidang jurusannya masing-masing akan tidak dihargai. 

Perubahan tersebut telah disikapi oleh UT dengan inovasi sebagai prinsip dan gerak langkah berkarya nyata.  UT membuat terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar mencetak tenaga profesional baik otak maupun watak sebagaimana disampaikan oleh Rektor UT (sumber: suara pembaharuan 14/10/2015). Ada empat hal yang menjadikan UT lebih maju dan kompetitif terlebih lagi menghadapi persaingan global Masyarakat Ekonomi ASEAN. Empat hal di bawah ini menjadi kunci keberhasilan sebagai kado yang indah dalam ulang tahun yang ke 32 yaitu:

1. INOVASI
Perguruan tinggi yang tidak inovatif akan ditinggalkan masyarakat dan tenggelam dalam persaingan yang ketat antarkampus. Oleh karena itu inovasi menjadi tuntutan dan kebutuhan. Hal ini telah disadari oleh segenap civitas akademika UT dengan serangkaian inovasi yang meliputi:

a. Penerimaan Mahasiswa 
Penerimaan mahasiswa baru semakin variatif. Dari segi usia peminat semakin banyak yang berusia di bawah 25 tahun. Ujian Masuk Bersama (UMB) PT 2016 diselenggarakan secara lebih baik dengan mengambil hasil evaluasi tahun-tahun sebelumnya. UT menawarkan pemberian beasiswa bagi peserta yang lolos seleksi dengan pilihan 11 prodi dari Fakultas MIPA, FISIP dan FEKON. Informasi pendaftaran selengkapnya di website spmb.or.id.
Informasi Penerimaan Mahasiswa
Di UMB PT 2016, UT telah membuka pendaftaran bersama perguruan tinggi negeri seperti Universitas Udayana, Universitas Syiah Kuala, USU, dan sebagainya. Tentu hal ini tidak mengecilkan arti UT namun akan membesarkan nama UT sebab dapat bersanding, bermitra dan berkompetisi dengan PTN yang telah mapan.
Salah satu suasana tes masuk UT (sumber: ut.ac.id)
Selain UMB PT, penerimaan mahasiswa baru juga bekerja sama dengan perguruan tinggi swasta seperti Universitas Pancasila, Universitas Ubudiyah Indonesia, Universitas Gunadarma, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan masyarakat untuk mendaftarkan putra putinya untuk kuliah.

b. Berbasis Internet Terlengkap
Sebagaimana dimuat tempo.co (26 Juli 2016), Universitas Terbuka (UT) kini telah berusia 32 tahun. Perguruan tinggi negeri yang mengembangkan sistem pembelajaran berbasis Internet itu tak berhenti dalam meningkatkan mutu dan pelayanannya. "Kami pelopor pembelajaran berbasis Internet terlengkap di Indonesia," kata Rektor UT Tian Belawati di Jakarta, Kamis, 21 Juli 2016. 

Program Mass Open Online Course (MOOC) yang merupakan pembelajaran online secara terbuka dan masif telah dilaksanakan dalam pembelajaran full online dengan menggunakan jaringan internet. Dengan program ini perkuliahan dapat dilaksanakan dengan tatap muka online melalui internet sehingga prinsip perkuliahan antara dosen dan mahasiswa tetap terjaga namun memudahkan jarak, tempat dan beaya.

Patut diapresiasi bahwa UT menggunakan software legal dalam mengadopsi perkembangan teknologi informasi. Hal ini salah satunya dibuktikan dengan diterimanya sertifikat dari microsoft pada tanggal 26 Mei 2015.

Registrasi mahasiswa termasuk pemberian modul, buku dan tugas dapat dilaksanakan secara online dengan mengunduh di situsnya UT. Website UT juga selalu update berita atau informasi dan menyediakan keperluan mahasiswa. Desain dan konten termasuk bagus, lengkap dan navigasi yang mudah sehingga tidak membuat ribet dan jengkel.

c. Pembukaan Cabang atau Kelompok Belajar/Pokjar
Cabang atau kelompok belajar dari Universitas tersebar di seluruh provinsi bahkan di luar negeri seperti Hongkong, Kore Selatan, Malaysia, dan sebagainya. Bahkan wisuda dapat dilaksankan di tempat Pokjar. Hal inilah kewenangan UT yang tidak dimiliki oleh PTN lain di Indonesia. Di sini dituntut inovasi dalam pembelajaran atau perkuliahan meskipun secara online

Selain tersebarnya cabang atau pokjar, UT juga senantiasa meningkatkan kualitas prodi atau jurusan dengan akreditasi yang makin meningkat. Contoh nyatanya adalah jurusan ilmu hukum di Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Pekanbaru yang memperoleh nilai akreditasi B. Banyak peminat yang berbondong-bondong masuk UT (sumber: http://pekanbaru.tribunnews.com).

d. Perpustakaan Digital
Perpustakaan digital dapat dilihat di situs http://www.pustaka.ut.ac.id. Perhatian terhadap sumber ilmu ini sangat penting, sebab salah satu penilaian akademik terhadap suatu perguruan tinggi adalah perpustakaan. Penulis telah membuktikannya dan konsep web perpus digital UT begitu mudah diakses dengan konten yang bervariasi seperti e book, jurnal, prosiding seminar, tesis, desertasi, arsip digital, dan sebagainya. Hal ini suatu nilai lebih dari perpus digital sebab biasanya perguruan tinggi lain belum mengembangkan perpus digital secara maksimal.

Contoh laman http://www.pustaka.ut.ac.id

2. SERVICE
Service atau layanan yang diberikan secara prima oleh segenap karyawan atau tenaga kependidikan dan dosen baik secara manual (fisik) maupun online. Pelayanan yang baik terhadap mahasiswa atapun masyarakat merupakan corong pemasaran dan iklan yang bagus untuk mengenalkan kampus kepada masyarakat khususnya calon mahasiswa. Service itu bertumpu pada kesantunan atau komunikasi, kecepatan dan kejelasan atau kepastian. Hal ini telah diantisipasi dan dilaksanakan oleh segenap kampus utama dan cabang UT.

3. DEDIKASI
Kampus tetap semangat dan berkomitmen sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sistem pembelajarannya. Dedikasi kampus selama 32 tahun yang diikuti dengan kerja dan karya nyata segenap SDM (sumber daya manusia) telah menjadikan UT bertahan dan mampu mengatasi ombak besar persaingan perguruan tinggi. Tanpa dedikasi maka inovasi, service dan prestasi sulit tercapai. 

4. PRESTASI
Segenap inovasi, dedikasi dan pemberian service yang prima akan bermuara pada prestasi. Dengan usaha meraih prestasi maka kerja dan belajar menjadi lebih semangat dan berkah, sebab berlomba-lomba mencari kebaikan. Prestasi merupakan penghargaan baik secara internal maupun eksternal dari pihak luar. Pada HUT UT senantiasa memberikan penghargaan bagi tenaga kependidikan dan dosen terbaik. Ini merupakan motivasi yang luar biasa dalam meriah prestasi.


Tayangan video Selamat HUT UT ke 32 (dok: rochimudin)

Dirgahayu UT ke 32
Demikian, UT diusianya yang ke 32, dengan inovasi yang dibarengi service, dedikasi dan prestasi yang unggul mampu tampil beda dan maju dalam mendidik bangsa untuk pembangunan negeri. Selamat ulang tahun yang ke 32. Maju terus dan tetap berinovasi.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-32. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

#Lomba Blog Dies Natalis Universitas Terbuka ke-32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//